BAB 5 MANAJEMEN DAN ORGANISASI

   Management dan Organisasi

Management adalah suatu rangkaian kegiatan yang digunakan oleh organisasi atau perusahaan untuk mengidentifikasi, menciptakan, menjelaskan dan mendistribusikan pengetahuan untuk digunakan kembali, diketahui dan dipelajari oleh organisasi. Kegiatan ini biasanya terkait dengan objektif organisasi dan ditujukan untuk mencapai suatu hasil tertentu seperti, pengetahuan bersama, peningkatan kinerja,  keunggulan kompetitif atau tingkat inovasi yang lebih tinggi:

Latar Belakang Sejarah Manajemen

1.  ManajemenKunoMesir(piramid)andChina(TembokBesarChina)
Bangsa Venesia (lini perakitan kapal perang)

2.  AdamSmithMempublikasi“TheWealthofNations”pdtahun1776Pendukung konsep pembagian/spesialisasi kerja (division of labor: job specialization) untuk meningkatkan produktivitas pekerja

3.  RevolusiIndustriMenggantitenagamanusiadgtenagamesinMenciptakan organisasi besar berdasarkan kebutuhan  manajemen.

4.  ManajemenIlmiahFredrickWinslowTaylor“Bapak”manajemenilmiahPublikasi: PrinciplesofScientificManagement(1911)

A.Teori Manaje menIlmiah Menggunakan metoda ilmiah untuk menentukan “satu cara terbaik”untuk suatu tugas: Menempatkan orang yg tepat pd pekerjaan tertentudenganperlengkapan dana yg tepat. Memiliki metode standar untuk melakukan pekerjaan. Menyediakan insentif ekonomik pd pekerja

.Menurut Nickles, McHugh, 1977, manajemen adalah sebuah proses yang dilakukan untuk mewujudkan tujuan oganisasi melalui rangkaian kegiatan berupa perencanaan, pengarahan dan pengendalian orang-orang serta sumber daya organisasilainnya.Fakto-faktordalampencapaiantujuan:

  • adanya penggunaan sumber daya organisasi, SDM dan faktor produksi lainnya.
  • adanyaprosesperencanaan,perorganisasian,pengarahan,pengimplementasian.pengendalian,pengawasan.

Macam-macam sumber daya yaitusumber daya organisasi, sumber daya manusia, sumber daya informasi, sumber daya fisik, sumber daya keuangan dan sumber daya alam.

Adapunfungsimanajemen:

  • perencanaan (planning)
  • pengorganisasian
  • pemimpin (leading)
  • pengawas
  • Oraganisasi adalah kesatuan atau sekumpulan orang-orang yang disusun menjadi kelompok yang diadakan untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Ciri-ciri organisasi yaitu:
    • adanya komponen
    • adanya kerjasama
    • adanya tujuan
    • adanya sasaran
    • adanya keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati
    • adanya pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas

Fungsi perorganisasian yaitu  proses yang menyangkut bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan didesain dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan tangguh, sistem dan lingkungan organisasi yang kondusif dan dapat memastikan bahwa semua pihak dapat bekerja secara efektif dan efisiengunapencapaianorganisasi.Kegiatan dalam fungsi organisasi meliputi :

  • mengalokasikan sumber daya, merumuskan, menetapkan prosedur yang ditentukan dan menetapkan tugas
  • menetapkan struktur organisasi yang menunjukan adanya garis kewenangan dan tanggung jawab
  • kegiatan perekrutan, penyeleksian, pelatihan dan pengembangan sumber dayamanusi/tenagakerja.

Fungsi operasional dalam manajemen:

1. Manajemen Sumber Daya Manusia adalah penerapan manajemen berdasarkan fungsinya untuk memperoleh sumber daya manusia yang terbaik bagi bisnis yang kita jalankan dan bagaimana sumber daya manusia yang terbaik tersebut dapat dipelihara dan tetap bekerja bersama dengan kualitas pekerjaan yang senantiasa konstan.

2. Manajemen Pemasaran adalah kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha untuk mengidentifikasi apa sesungguhnya yang dibutuhkan oleh konsumen,dan bagaimana cara pemenuhannya dapat diwujudkan.

3. Manajemen Produksi adalah penerapan manajemen berdasarkan fungsinya untuk menghasilkan produk yang sesuai dengan standar yang ditetapkan berdasarkan keinginan konsumen dengan tehnik yang seefisien mungkin , dari mulai pemilihan lokasi produksi hingga produk akhir yang dihasilkan dalam proses produksi.

4. Manajemen Keuangan adalah kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha untuk memastikan bahwa kegiatan bisnis yang dilakukan mampu mencapai tujuan secara ekonomis yaitu diukur secara profit. tugas manajemen keuangan diantaranya merencanakan darimana pembiayaan bisnis diperoleh dan dengan cara bagaimana modal yang telah diperoleh dialokasikan secara tepat dalam kegiatan bisnis yang dijalankan.

5. Manajemen Informasi adalah kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha memastikan bahwa bisnis yang dijalankan tetap mampu untuk terus bertahan dalam jangka panjang. Untuk memastikan itu manajemen informasi bertugas untuk menyediakan seluruh informasi yang terkait dengan kegiatan perusahaan baik informasi internal maupun informasi eksternal, yang dapat mendorong kegiatan bisnis yang djalankan tetap mampu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi dimasyarakat.

Terimakasih kepada bapak / ibu dan blogger yang secara tidak langsung membantu terselesaikannya tugas saya dengan tepat waktu dan mohon maaf apabila saya menambahkan pendapat dalam tugas saya ini.wassallam.wr.wb
SUMBER REFERENSI:

1.      www. google.com

2.       http://sheentazone.blogspot.com/2010/10/pengertian-bisnis-dan-jenisnya.html

3.       http://sheentazone.blogspot.com/2010/10/pengertian-bisnis-dan-jenisnya.html

4.       http://wikipedia.org

5.       http://fachrurrozyezy740.blogspot.com

6.       http://books.google.com/M.Fuad

7.      http://tutorialkuliah.blogspot.com/2009/07/14-prinsip-organisasi-henry-fayol.html

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s