Makan apa ya enaknya kalau lagi di Depok: Gubug Makan Mang Engking

Makan apa ya enaknya kalau lagi di Depok?

Datang aja tuh ke UI. Ya, gak salah.. UI – Universitas Indonesia. Bukan makan di kantinnya, tapi meluncur deh ke hutannya UI. Duh, makin gak nyambung kayanya.. Tapi ini ciyus miapa lho… Soalnya berbatasan dengan danau di samping hutan UI ada resto enak “Mang Engking”. Suasana alami pedesaan, makan di saung bambu di atas kolam ikan.  Menu andalannya udang bakar madu dan gurame kecap.

Gubug Makan Lesehan “Mang Engking”
Entrance gubug makan lesehan Mang Engking

Nah, kami pesan yang itu, hanya saja guramenya kami ganti sop. Agar anak-anak balita ini bisa ikut makan, kami pesan sopnya dibikin tidak pedas. Porsi sop nya banyak lho. Bisa buat empat orang, karena ini satu ekor ikan gurame utuh dari kepala sampai ekor.

Rasanya bagaimana? Sop di Mang Engking kuahnya bening dan kuat dengan aroma bawang merah goreng dan bawang putih goreng. Mirip-mirip dengan sop ikannya Kopi Tiam Oey.  Rasanya enak, meskipun saya lebih suka dengan sop gurame Rumah Makan Sari Idaman di Cipinang.

Sop Ikannya sudah setengah ludess… Udang Bakar Madunya apalagi…

Bagaimana dengan udang bakar madu Mang Engking? Yang ini enak juga. Tidak salah kalau ini jadi menu andalan sekaligus favorit penikmat kuliner. Mengingatkan saya akan lezatnya udang bakar madu Bandar Jakarta, Ancol🙂.  Hanya saja yang ini udangnya lebih kecil tapi porsinya empat tusuk. Mantabb.. Saya dua, istri juga makan dua. Anak-anak? Mereka gak mau. Abis pedes sih.. Hehehe

Bagi yg berasal dari yogyakarta sepertinya tidak asing lagi dengan Rumah Makan Mang Engking ini, karena memang asalnya dari Jogja. Pusatnya di sana. Yang di Depok ini cabangnya. Juga yang di Cibubur, Cimanggis, Semarang dan Surabaya. Cabang Depok ini arealnya cukup luas. Saungnya banyak dan berbagai “gaya”. Ada yg model panggung, saung di tengah kebun jagung, atau seperti kami, saung di atas kolam (jadi bisa sambil memberi makan ikan mas di kolam. Beli palet makanan ikan Rp 2.500 per kantong. Hubungi saja waiternya).

Yang kurang suka lesehan bisa makan di hall makan ini. Bisa muat banyak kalau bawa rombongan
Ini nih saung bambu tempat kami makan. Di atas kolam ikan mas

Di area belakang ada saung makan di tengah kebun jagung…serasa di desa

Berlokasi di tengah sejuknya Kota Depok dan alaminya kampus UI, membuat suasana makan di Mang Engking sungguh nikmat. Bagaikan oase segar di tengah ruwetnya kemacetan kota Jakarta🙂.    Banyak selebritis, artis dan pejabat yang sudah pernah mampir makan di Mang Engking. Di hall of fame nya antara lain terfoto: Bapak B.J. Habibie, Bapak Jusuf Kalla, Rano Karno, Roy Suryo, Rieke “Oneng” Dyah Pitaloka, Rhoma Irama, Intan Nuraini, Dave Hendrik, Manohara, Tora Sudiro, Olga Syahputra, dan lain-lain.

Foto-foto para orang terkenal yang pernah mampir di “Gubuk Sunyi di Tepi Danau” ini

Bagaimana kalau mau menuju ke Resto Mang Engking?

Gampang saja, pokoknya tuju saja Kampus UI Depok. Bisa naik kereta api, turun di stasiun UI lalu lanjut naik ojek atau bus kampus (gratis) ke hutan \ danau. Atau kalau pakai kendaraan sendiri, bisa datang dari Lenteng Agung, Jakarta atau Margonda Depok. Sampai di putaran UI, pelan-pelan,..sebab begitu ketemu gerbang UI (yang bentuknya segitiga) langsung belok kiri masuk situ dan belok kanan. Nanti ada pos jaga security. Ambil pass masuk dan langsung deh terlihat parkiran kendaraan ramai. Nah, itulah dia Mang Engking!

Bawa dana berapa nih kalau mau makan di Mang Engking?
Yah. Kalau anda makan berdua dan pesan 2 menu andalannya (udang dan gurame) plus minuman persiapkan saja uang sekitar 300 ribu. Amanlah itu…
Dan buat yang melankolik, berikut saya ketikkan rincian harga yg kami makan kemarin:

Udang Bakar Madu Standar Rp 70.000,
Sop gurame Rp 70.000
Sambal terasi Rp 4.500.
Nasi putih 3 porsi Rp 15.000,
Es jeruk Rp 19.000
Kopi susu Rp 9.000
Air mineral 2 buah Rp 12.000

Total Rp 199.500
Pajak restoran Rp 19.950
Grand total Rp 219.450

Alamat dan Nomer Telpon:
Gubug Makan Mang Engking Cabang UI Depok
Danau Salam Kampus UI Depok, Jakarta.
Telpon 02199569150, 02197198718
Handphone: 085814113926 , 08161117751
email:gmme_depok@yahoo.co.id
Buka setiap hari jam 10:00 sampai 21:00. Last order jam 20:30

Gubug Makan Mang Engking  Pusat
Jamur, Sendangrejo, Minggir, Sleman, Yogyakarta
Telpon: 02747489732
HP: 085868020045.

Gubug Makan Mang Engking Cabang Utama
Jalan Soragan no 13 Yogyakarta 55182 (selatan Mirota, jalan godean +- 100 meter)
Telpon 0274622972.

Gubug Makan Mang Engking Cabang Jakarta:
Taman Rekreasi dan Edukasi “Telaga Arwana Cibubur”,
Jalan Jambore Pondok Rangon, Harja Mukti, Cimanggis, Depok
Telpon 02197198718, 02126137812

Gubug Makan Mang Engking Cabang Surabaya:
Klangen, Dewun Sewu, Pandaan, Surabaya
Telpon 03437797917 , 0343633801.

Gubug Makan Mang Engking Cabang Semarang:
Jalan Singosari Raya No 10, Semarang
Telpon 0248451490

http://www.makandansantai.com/2013/04/makan-apa-ya-enaknya-kalau-lagi-di.html

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s